Membongkar Fakta Pandemi dan Perilaku Masyarakat di Night at The Museum #6

Museo-News | Kamis 31 Maret 2022, Museum etnografi dan pusat Kajian kematian FISIP UNAIR mengadakan Webinar  NATM (Night at the Museum). Webinar yang ke-6 ini diberi judul Tonggak Sejarah Pandemi Era Mileneal. Acara ini berlangsung melalui zoom Meeting dan dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama  dimulai jam 15.00 WIB yang dibuka dengan materi Pergeseran dari good death ke bad death pada pandemi oleh Prof. Marlina S. Mahajudin, dr. SpKJ(K).PGD Pall Med. (ECU). Dalam penyampaian sesi materi Prof. Marlina menekankan tentang konsep perawatan paliatif, yankni sebuah konsep perawatan pasiaen yang awalnya ditujukan untuk pasien dengan penyakit kronis, namun sekarang lebih diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas hidup. Meskipun makna good death sangat subjektif, Prof Marlina memaparkan beberapa poin agar hidup pasien lebih bermakna sehingga ia bisa mewujudkan good death tersebut. Point pertama perbaikan interpersonal, penerimaan sosiokultural dan peningkatan kehidupan spiritual. “Bagaima pun keadaan pasien, perawat dan keluarga harus bekerja sama dalam memberikan kualitas hidup yang lebih baik, dan meskipun sudah tidak ada harapan hidup orang-orang di sekitar pasien dituntut untuk kompak dan aktif memberikan suport.

Acara dilanjut oleh pak Sentot selaku teknisi forensik dan Pemulasaraan Jenazah di Rumah Sakit DR. Soetomo yang bercerita tentang pengalamannya selama mengurus Jenazah Covid. Sesi kedua dimulai jam 19.00 WIB yang dibuka dengan materi Pandemi dan Perilaku Masyarakt oleh DR. Dr. Agung Dwi Wahyu Widodo, MSI, MkedKlin SpMK dan dilanjutkan oleh Dian Rosdiana BA for COVID-19. Webinar ini diikuti oleh 95 orang dari seluruh Indonesia. Seperti yang diucapkan oleh Dr.Phil Toetik Koesbardiati Tujuan dari kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat tentang perjalanan pandemi yang telah berlangsung 3 tahun belakangan ini dan memberikan edukasi persiapan untuk pandemi-pandemi yang akan datang.

Bagi pembaca yang tertarik mendengar penjelasan lengkap dari acara tersebut bisa menonton di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=V6QMUk6GpWQ&t=2214s .
(TF)