Modalitas

Museum Etnografi adalah museum tematik, yang mengangkat satu tema khusus yaitu kematian dan tradisi kematian. Kematian dijelaskan secara Antropologis, baik dari aspek budaya maupun aspek biologis, di mana beberapa tradisi kematian dari beberapa suku di Indonesia, dicontohkan dan disajikan dengan display yang menyerupai aslinya dan juga infografis.
Penyajian informasi tersebut didukung oleh kekhasan Antropologi yang berkembang di FISIP Universitas Airlangga, yaitu Antropologi Budaya dan Antropologi Ragawi. Dari aspek budaya, informasi diberikan sesuai dengan pengetahuan budaya lokal pemilik tradisi. Sedangkan dari aspek biologis dijelaskan berdasarkan pengetahuan Antropologi Ragawi.
Salah satu kekhasan adalah bidang Antropologi Forensik yang disajikan secara khusus, sehingga pengunjung bahkan bisa mengalami sendiri cara-cara di crime scene dan cara mengidentifikasi. Identifikasi pada kasus sesungguhnya dapat dilakukan kemudian di laboratorium Museum yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan identifikasi forensik, konservasi koleksi museum, maupun penelitian di bidang Antropologi lainnya, dengan fokus tradisi kematian.
Laboratorium ini adalah modalitas lainnya dari Museum Etnografi yang berniat untuk terus mengembangkan penelitian, karena penelitian adalah salah satu fungsi dari Museum.